Selasa, 09 Oktober 2012

Sya’ir Pada Masa Daulah Abbasiah

Syair pada masa Shadrul Islam dihasilkan oleh pemeimpin-pemimpin Arab dan pujangga-pujangga Arab, Iraq, dan Jazirah Furat. Setelah pemerintahan Arab berada di Iraq dan Andalus jadilah Bagdad dan Cordova kiblat para penyair dan tujuan para sastrawan. Kedua kota ini sudah menjadi pusat kesusastraan dan lapangan perlombaan kebagusan pujangga-pujangga dalam segala bidang kesenian terutama sya’ir para khalifah, mentri dan emimpin yang mempunyai tempat-tempat pertemuan pujangga untuk itu.
Dengan adanya perhatian yang besar serta benyaknya orang yang membaca dan mengambil sya’ir, maka orang-orangpun mengembangkan bermacam-macam bentuk yang belum ada sebelumnya. Mereka menggunakan sya’ir untuk segala tujuan sampai-sampai untuk peribadatan. Maka berkembanglah pula uslubnya juga arti-artinya yang disesuaikan dengan tujuan-tujuannya. Tapi juga tidak keluar dari kalimat-kalimat dan uslub arab dengan memulainya dengan النسيب menyebutkan الدياد والأطلال untuk mengingatkan pada tanah air mereka yang lalu, untuk memperindah dan menyerupakannya dengan kepunyaan orang arab asli. Sejak Daulah Abbasiah النسيب tidak lagi merupakan suatu keharusan pada pembukaan kasidah, tapi sering kali tempat tersebut diduduki dengan menyebutkan istana-istana, kenikmatan hidup, nyanyian-nyanyian dan pengalaman dengan kapal menuju orang yang dipuji dan lain sebagainya, atau merubah dengan menyebutkan khamr dan sifat-sifatnya.
Adapun perubahan-perubahan yang terjadi terhadap sya’ir dengan munculnya Daulah Abbasiah Ialah:
1.      Yang berhubungan dengan macam-macamnya sya’ir dan tujuannya
a.       Bertambah penggunaan sya’ir untuk membangkitkan rasa fanatic kebanggaan akan nasab dan madzhab-madzhab politik Negara serta ilmu pengetahuan.
b.      Sya’ir-sya’ir dari penyair daulah Abbasiah banyak yang tenggelam dalam kejelekan, karena banyaknya yang berkecimpung dalam bidang Sya’ir dan adab serta sedikitnya sumber-sumber pekerjaan yang mulia lainnya. Maka para penyair hanya dapat mengharapkan lakunya dagangannya (sya’irnya) pada para khalifah dan dengan cara memuji-muji khalifah, mereka akan mendapat hadiah-hadiah. Untuk tujuan mereka kadang-kadang keluar dari pertimbangan perasaan, akal bahkan pula syara’.
c.       Bertambah gila-gilaan dan berani dalam menyebutkan kejelekan-kejelekan hikayat-hikayat yang rendah, kefasikan dan semisalnya.
d.      Para penyair muslim mulai tenggelam dalam mensifati khamer dan semisalnya, ajakan kepadanya, menyebutkan pelayan-pelayannya, juga mencumbu sesame lelaki sampai lebih jauh dari itu.
e.       Bertambah-bertambah pensifatan terhadap kebun-kebun, istana-istana tempat rekreasi dan keadaan-keadaan alami, tempat-tempat berburu binatang buas, burung-burung, ikan-ikan dan hal-hal yang kecil-kecil.
f.       Bertambah nasehat-nasehat keagamaan dan zuhud terhadap dunia, hikmah-hikmah dan perumpamaan-perumpamaan pendidikan budi pekerti.
g.      Koreksi terhadap kaidah-kaidah ilmu pengetahuan seperti fikih dan lain-lain.
2.      Hal-hal yang terjadi yang berhubungan dengan arti-arti dan imajinasi sya’ir.
a.       Pemikiran-pemikiran teratur
b.      Penggunaan khayal yang masuk akal
c.       Menciptakan khayalan yang bagus dalam tasybih. Isti’arah dan washf dan bagusnya alas an-alasan.
d.      Penggunaan cara-cara hikmah, kaidah-kaidah falsafi, syiar-syiar agama dan lain-lain dalam usaha meyakinkan orang lain .
3.      Hal-hal yang terjadi dari segi kata-kata sya’ir dan susunannya.
a.       Hilangnya kata-kata yang gharib sedikit demi sedikit.
b.      Bertambah penggunaan kata-kata asing untuk memperindah sebagaimana yang terjadi pad sya’ir Abu Buwas.
c.       Halus susunannya, tapi tetap kuat dan jelas artinya.
d.      Penciptaan badi’ dan memperbanyak macam-macamnya.
4.      Hal-hal yang terjadi dari segi wazan sya’ir.
a.       Memperbanyak nadzam dalam buku-buku yang sebelumnya masih sedikit.
b.      Penciptaan wazan-wazan dari buku-buku sya’ir oleh Khalil yang kemudian digunakan oleh penyair-penyair masa itu.
c.       Penciptaan wazan-wazan lain seperti wazan yang diciptakan Muslim Bin Walid, Abu Nuwas, Abu Athaiyah.
5.      Hal-hal yang terjadi dari segi qafiyahnya.
a.       Al-Mukhammas (المخمس ( ialah tiap 5 bagian sya’ir mempunyai satu qafiyah, kemudian 5 bagian lain demikian sampai akhir qasidah.
b.      Al-Muzdawaj ((المزدوج ialah tiap-tiap baris mempunyai satu qafiyah. Ini banyak digunakan untuk menyusun buku-buku adab dan ilmu-ilmu pengetahuan seperti dalam penyusunan Alfiyah.
Contoh-Contoh Sya’ir Dan Tujuannya
Al-Hamasah
Diantara sya’ir Basyar bin Burd:
وجيش كجنح الليل يزحف بالحصى  #  وبالشوك والخطى حمر ثعـالبـه
عدوناله والشمس في خدرامــــــــها  #  تطالعنا والطل لم يجر ذائبــــــه
بضرب يذق الموت من ذاق طعمــه  #  وتدرك من نجى الفرار مثالبــه
كأن مثار النقع فوق رءوسنـــــــــــا  #  وأسيافنا ليل تهاوى كواكبـــــــه
بعـثنا لهم موت الفجاءة إننـــــــــــــا  #  بنو الموت خفاق علينا سبائبـــه
فراحوا فريق في الاسار ومثـــــــله  #  قتيل ومثل لاذ بالبحر هاربـــــه


Berkata Abu Thayib Al-Mutanabi:
وأنى لمن قوم كأن نفوســــــــــــهم  #  بها انق أن تسكن اللحم والعظما
فلا عبرت ني ساعة لا تعز ني  #  ولا صحبتني مهجة تقبل الظلـــما

Al-Madh (pujian):
Marwan bin Abi Hafshah memuji Ma’ni bin La’idah
بنو ننطر يوم اللقاء كـــــــــأنهم  #  أسود لهما في غيل خفان اشبــــل
هم يمنعون الجارحتي كأنمــــــا  #  لجارهم بين السماكين منــــــــزل
بها ليل في الإسلام سادوا ولم يكن  #  كأولهم في الــــــــــجاهلية أول
هم القوم أن قالوا أصابوا وأن دعوا  #  أجابوا وإن أعطوا أطابوا وأجزلوا
ولا يستطيع الفاعلون فعالــــــــــهم  #  وإن أسنوا في النائبـــــات وأجزلوا
Abu Tammam:
تعود بسط الكف حتى لو أنـــــــه   #   ثنـاها لقبض لم تجبه أنــــــــــامله
ولو لم يكن في كفه غير روحــه    #   لجاد بها فليتق الله سائـــــــــــــله
Abu Ubadah Al-Buhtury:
كلــــــما قلت اطلق الشكر و في  #  رجعتني له أياديـــه عبــــــدا
ابن عمر الزمـــــان حتى اؤدي  #  شكر انــــعامك الذي لايؤدي



Arratsa (elegi):
Husain bin Muthir meratapi Ma’ni bin Za’idah.
الماعي معن فقولا لقبــــــــــره  #  سقنك الغوادي مربعا ثم مربعا
فيا قبر معن أنت أول حفـــــرة  #  من الأرض خطت المسماحة مضجعا
فيا قبر معن كيف واريت جوده  #  وقد ان منه البرو البحر مترعــــا
بلى قد و سعت الجود و الجود ميت  #  ولو كان حيا ضفت حتى تصدعا
فتى عيش في معروفه بعد موتـــــه  #  كما كان بعد السيل بحراه مرتعا
ولما مضى معن مضى الجود وانقضى  #  واصبح عرنبن المكارم اجدعا

Al-Hijaa’:
Sya’ir Hammad ‘Ajraad.
حريث ابو الصلت ذ و خبرة  #  بما يصلح المعـد ة الفاسدة
تخوف تخمة اضيــــــــــــافه  #  فعودهم اكــله واحــــــــدة
khalaf Al-Ahmar:
لنا صاحب يولع بالخـــلاف  #  كثير الخطاء قليل الصواب
انج لجاجا من الخنفســــــاء  #  وازهى اذا ما مشى من غراب
Abu Ali Al-Basyir:
لعمر ابيك ما نسب المعلي  #  الى كرم وفي الدنيا كــريم
لكن البـــــلاد اذا اقشعرت  #  وصوح نبتها رعي الهشيم

Al-‘Itidzar:
Syair Aly bin Al-Jahmi untuk Mutawakkil:
عفـــــا الله عنك الاحرمة  #  تجود بعفوك أن ابعــدا
لئن ذنب ولــــــــم اعتمه   #  لأنن اجل وأعلى يــدا
الم ترعبدا عدا طـــــرده  #  ومولى عفا ورشيدا هدى
ومفسد أمر تــــــــلا فيه  #  قعا فاصلح ما افســـــــد
اقلني اقالك من لم بزل  #  يقيك و بصرف عنك الردى


Al-Washf:
Ibnu Al-Mu’taz dalam mensifati alam ketika datangnya siang dan hilangnya malam
ما ترى نعمة السماء على الار  #  ض وشكر الرياض للأمطار       
قد تولت زهر النجو وقـــــد بـ  #  شر بالصبح طــــائر الأسحار
وعــــــنا الطيور كل صبـــاح  #  وانفتاق الأشـــــجار بالأنوار
وكأن السحاب يجلو عروســـا  #  وكأنا من قطره في لثـــــــار   
Abu Bakar As-Shonbury mensifati ayam jantan:
يغرد الليل ما يألوك تغريــــــدا  #  مل الكرى فهو يدعو الصبح مجهودا
اتطرب هز العطف من طرب  #  ومد للصوت لما مده الحــــــــــــــيدا
خبس مطرفا مرخى درائبــــه  #  تضاحك البيص من أطرافـــه السودا

Sosial & Politik:
Syubl bin Abdullah Maula Bani Hasyim ditujukan kepada Abdullah paman dari algojo:
اصبح الملك تابت الأساس  # بالبها ليل من بني العباس
طلبوا وتر هاشم فشفوهـــا  #  بعج ميل من الزمان وباس
لاتقبلن عبد شمس عثـــارا  #  واقطعن كل رقلة وغراس
دلها اظهر التود د منهـــــا  #  وبها منكم كحد المواسي
ولقد ساءني وســاء سواني  #  قربهم من نمارق وكراسي
انزلوها بحيث انزلهـــا اللـ  #  ــه بدا بالهوان والاتعاس
واذكروا مصر مصرع الحسين وزيد  #  وشهيد بجانب المهراس
والفتيل الذي بحرات اضحى  #  ثاويا بين عرية وتناسي
Yazad Al-Mahlaby ditujukan kepada Al-Mutawakkal:
لما اعتقد تم اناســــا لا حلوم لهم  #  صنعتم وصنيعتم من تاب يعتفـد
ولو جعلتم على الأحرار نعمتكم  #  حمنكم السادة المذكورة الحشد
قوم هم المذم والأنساب تجمعهم  #  والمجد والدين والأرحام والبلد
اذا قريش ارادوا شد ملكم  #  بغير قحطان لم يبرح به اود

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Review Novel Hati Suhita

KETEGUHAN HATI WANITA REVIEW NOVEL HATI SUHITA Judul: Hati Suhita Penulis: Khilma Anis Editor: Akhiriyati Sundari Penyunting:...